Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Persiapan Presentasi

Persiapan Presentasi

‘Setiap situasi presentasi adalah unik, dan memerlukan pendekatan yang unik pula’, tulis Muhammad Noer, seorang praktisi presentasi. Noer ingin menunjukkan bahwa persiapan sebelum menyampaikan presentasi sangatlah penting. Pendekatan yang tepat terhadap sebuah momentum presentasi bahkan dapat menentukan kesuksesan seorang presenter.

Ada banyak hal yang harus disiapkan oleh seorang presenter sebelum presentasi. Namun, dalam tulisan ini saya akan berbagi tiga tips bagaimana mempersiapkan sebuah presentasi.

Persiapan #1: Tentukan Topik

Tutup laptop Anda dan temukan idenya, sebab Anda bisa mendapat ide darimana saja, tapi tidak dari laptop Anda. Pikirkanlah sebuah topik yang menarik, usahakan idenya segar (baru) atau jika tidak dan harus mempresentasikan ide oranglain berilah perspektif berbeda pada ide tersebut. Tunjukkan pendapat Anda. Dengan begitu audiens akan tetap menghargai Anda.

Hindari menyampaikan topik yang sudah ‘pasaran’ dengan cara yang biasa. Audiens tentu tidak akan memberikan perhatian pada presentasi Anda. Sebab itu membosankan. Dan taukah Anda? otak mansuia tidak akan memberi perhatian pada sesuatu yang membosankan, tulis John Medina dalam bukunya Brain Rules.

Maka, pilih topik yang menarik perhatian audiens. Jika Anda melakukan ini, maka Anda sudah memenangkan hati mereka pada tahap-tahap awal presentasi. Dan bersiaplah untuk mendapat tepuk tangan yang meriah dari mereka.

Persiapan #2: Rumuskan Tujuan

Stephen R. Covey, dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People menulis bahwa satu dari tujuh kebiasaan yang efektif adalah kemampuan untuk memulai dari tujuan akhir yang ingin dicapai. Begin from the end in mind, tulisnya. Kebiasaan yang efektif ini dapat diterapkan pula ketika hendak mempersiapkan sebuah presentasi.

Berfikirlah sejenak dan coba bayangkan suasana dimana Anda akan memberikan presentasi. Tanyakan pada diri Anda apa tujuan presentasi yang akan disampaikan? Mengapa Anda yang diminta untuk menyampaikan materi tersebut? Apa tujuan acara tersebut diselenggarakan? Dan apa yang bisa didapat oleh audiens dari presentasi Anda? Beberapa pertanyaan ini akan membantu memudahkan dalam menyusun alur materi yang akan dipresentasikan.

Persiapan #3: Kenali Audiens

Setelah menentukan topik dan merumuskan tujuan presentasi. Mengenali siapa yang akan menajdi audiens adalah hal yang juga tak kalah penting. Mengenali audien akan membantu Anda, misalnya untuk memberikan contoh dalam presentasi yang sesuai dengan audiens. Anda bisa menggunakan dua pertanyaan berikut ini sebagai panduan untuk mengenali audiens. Pertama, Siapa audiens Anda? Pertanyaan pertama ini meliputi; latar belakang pendidikan, rentang usia, gender, atau jika dalam satu instansi tertentu bisa ditanyakan jabatan mereka.

Kedua, Apa yang dibutuhkan audiens? Misalnya, apakah mereka membutuhkan panduan teknis, atau sekedar ingin mengetahui sebuah teori, atau mereka membutuhkan motivasi. Atau mungkin auidens membutuhkan perspektif baru tentang pekerjaan mereka. Para nelayan tak mungkin kita ajari cara menagkap ikan yang biasa saja, sebab mereka telah memahaminya, bahkan sudah mempraktekkan lewat pengalaman mereka. Bisa-bisa kita disebut sedang mengajari ikan berenang nanti.

Akhirnya, mempersiapkan presentasi berarti mempersiapkan kesuksesan Anda dalam pelaksanaannya. Wallahu ‘Alam Bissawab.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra 



Leave a Reply