Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Presentasi dan Warna

Presentasi dan Warna

Bayangkan jika dunia tanpa warna, apa yang terjadi? Mungkin akan sangat membosankan. Walt Disney sering mengatakan bahwa kita hidup dalam ‘dunia indah yang berwarna-warni’. Warna memberikan efek psikologis terhadap yang melihatnya. Sehingga ketika seseorang melihat warna tertentu, dia akan menangkap makna dan kesan tertentu pula.

Sekarang, apa jadinya jika presentasi tanpa warna? Bisa jadi seorang presenter kesulitan menyampaikan informasi yang dimilikinya. Audiens tidak terlibat secara emosi dalam presentasi Anda. Dan itu akan menciptakan suasana yang membosankan. Kemungkinan paling buruknya adalah, audiens akan meninggalkan tempat duduknya.

Begitu pentingnya warna dalam tampilan slide presentasi. Maka bijaksanalah menentukan pilihan warna yang akan digunakan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih warna sehingga memperindah desain visual presenasi Anda.

Pertama, perhatikan tujuan dan audiens presentasi. Memahami tujuan dan mengenali audiens dapat membantu seorang presenter memilih warna yang sesuai. Ketika tujuan presentasi kita untuk memotivasi dan menciptakan suasana bahagia, maka warna yang dipakai adalah warna yang hangat atau yang memberi kesan semangat dan ceria. Misalnya warna kuning, orange, atau merah.

Atau jika audiens presentasinya adalah mereka yang berusia lebih dari tiga puluh lima, dan Anda sebagai seorang presenter ingin memberikan kesan tenang dan damai, warna yang sesuai adalah warna dingin, bisa ungu, biru, atau hijau. Sebaliknya, jika audiens Anda mayoritas berusia muda, warna hangat akan cocok untuk tampilan desain slide presenasi Anda.

Kedua, perhatikan kontras warna. Memahami pentingnya kontras dalam sebuah tampilan slide presentasi menciptakan tampilan visual yang mudah dilihat dan dibaca audiens. Secara sederhana, kontras merupakan cara untuk menunjukkan pesan yang ingin disampaikan secara jelas. Audiens biasanya langsung melihat pada bagian yang memiliki kontras.

Penggunaan warna teks yang cerah pada latar belakang slide yang berwarna gelap memperlihatkan kontras yang jelas, pesan yang ingin disampaikan akan terbaca dengan baik. Menggunakan warna teks yang gelap pada latar belakang slide yang gelap pula akan mempersulit adiens, lebih-lebih jika audiens Anda adalah mayoritas berusia di atas tiga puluhan. Atau jika Anda berbicara dengan audiens yang jumlahnya banyak itu akan menghilangkan kesan visual dalam slide Anda. Ingat bahwa tujuan presentasi yang visual adalah memudahkan audiens untuk menerima informasi yang Anda berikan.

Ketiga, perhatikan harmoni warna. Penggunaan warna yang serasi atau harmoni dalam desain slide presentasi memberikan kesan profesional. Slide presentasi Anda terlihat lebih indah dan sistematis. Memahami harmoni warna berarti memasukkan nilai estetika dalam desain slide presentasi. Warna yang kurang serasi untuk digunakan secara bersamaan akan membuat mata audiens menjadi kurang nyaman dan mudah lelah.

Harmoni warna membentuk keseimbangan dalam slide presentasi. Caranya dengan menggunakan ragam warna yang serasi atau warna analog, yaitu warna yang serumpun, misalnya, warna latar belakang orange kemerahan dengan teks warna kuning. Warna analog tetap dapat menciptakan kontras dan sekaligus menjaga kenyamanan mata audiens saat melihat tampilan slide presentasi Anda.

Hindari pula menggunakan warna yang terlalu banyak, alih-alih bermaksud memperindah desain slide presentasi, slide Anda justru akan terlihat ‘penuh’ dan itu akan membingungkan audiens, apalagi jika warna yang digunakan tidak serasi (tidak harmoni). Sebaiknya, warna teks cukup disesuaikan dengan warna yang ada dalam elemen yang terdapat di latar belakang presentasi Anda.

Bijaksanalah dalam menggunakan warna. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda merasa nyaman saat melihat gabungan warna-warna tersebut. Aktifkan rasa Anda dan pastikan tampilan slide Anda tetap visual (terlihat jelas) dengan warna apapun yang Anda gunakan.

Akhirnya, warna akan menjadikan presentasi Anda menarik atau membosankan. Semuanya ada pada pilihan Anda. Perhatikan pilihan warna yang Anda gunakan. Bantu audiens menikmati presentasi yang Anda sampaikan. Selamat mencoba. Wallahu ‘Alam Bissawab.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra 
 

3 Comments

  1. Bener bnget poin2 di atas mas. Usahakan pemilihan warna untuk presentasi sekiranya audiens bisa membaca,
    Soalnya saya juga prnah saat presentasi di depan kelas, bckground trlalu kontras dg tulisan. Jadi, hanya kesan keindahan aja yg dpet tpi audience sulit mencerna tulisan pada slide presentasi.
    TFS yaa ^_^

    • yup betul mbak Rohmah, indah dan mudah dibaca, membuat presentasi kita tak terlupakan oleh pemirsah, hehe. makasih sudah mampir di sini, sukses selalu buat mbak Rohmah

Leave a Reply