Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Kesabaran dan Imajinasi

Kesabaran dan Imajinasi

Mungkin Anda tidak percaya, jika gambar vektor bisa didesain menggunakan powerpoint (ppt). Sebelum saya mencoba, saya pun tak percaya. Selama ini yang terbayang, ketika disebut kata powerpoint adalah slide presentasi. Itu tidak keliru, tapi powerpoint yang selama ini dimanfaatkan untuk media presentasi belum dimanfaatkan secara maksimal.

Mengobati rasa penasaran, saya mencoba mendesain sebuah gambar vektor menggunakan powerpoint. Setelah, cukup lama, akhirnya jadilah hasilnya seperti ini,

Gambar ini adalah gabungan dKesabaran dan Imajinasi (vector optimation)ari ragam bentuk (shapes) lingkaran, segi empat, segi tiga, garis, dan lain-lain yang tersedia sebagai fitur di powerpoint. Dibantu dengan teknik merge shapes, jadilah gambar yang untuk ukuran pemula seperti saya cukup mengagumkan.

Sebagai pemula, saya membutuhkan kesabaran yang lebih besar dan imajinasi tinggi untuk mendesain gambar serupa ini. Tentu ini tidak berlebihan, bagi saya itu bener, untuk sukses kita butuh kesabaran dan imajinasi.

Kesabaran lahir dari rasa cinta pada apa yang sedang kita lalukan. Jika sudah cinta, kita akan lebih enjoy menjalani prosesnya. Seberapapun sulit sebuah pekerjaan, akan selalu ada dorongan untuk tetap bertahan dan berbuat maksimal menyelesaikannya. Alhamdulillah, saya menyukai pekerjaan ini.

Imajinasi, dibutuhkan untuk membuat gambaran tentang apa dan bagaimana kita hendak menyelesaikan pekerjaan. Imajinasi hanya akan menjadi gambaran abstrak jika tak dituliskan. Dalam mendesain presentasi, biasanya saya membaut sketsa dari apa yang saya imajinasikan tentang sebuah objek yang akan didesain. Itu mempermudah dalam proses pengerjaannya nanti.

Imajinasi akan terasah seiring dengan usaha kita memperkaya referensi yang kita miliki. Kita bisa membaca prinsip-prinsip desain secara toeritis atau melihat karya-karya yang ada. Sekali lagi Imajinasi membantu kita membuat gambaran umum tentang apa yang ingin kita lakukan (desain).

Nah, agar kesabaran dan imajinasi itu berbuah, bukan malah membuih, yang kita perlukan adalah terus mengikhtiarkannya. Dan bermodal keduanya, kita tak akan terlalu sulit melalu prosesnya. Toh, jika benar-benar sulit itu akan teratasi dengan kesabaran kuat dan imajinasi tinggi.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra

Leave a Reply