Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Presentasi Virtual

Presentasi Virtual

Presentasi di era perkembangan teknologi tidak lagi terbatas di ruang kelas. Dimana presenter dan audiens harus berkumpul pada satu ruangan khusus, barulah proses presentasi bisa terjadi. Berkat kemajuan teknologi, hari ini Kita bisa mempresentasikan sesuatu di ruang maya (secara virtual), yang mampu menembus dinding-dinding pembatas ruang juga waktu.

Unsur-unsur yang ada dalam komunikasi virtual tentulah tak jauh berbeda, dengan presentasi tatap muka langsung di kelas. Bahwa dalam proses itu ada penyampai pesan, isi pesan, media yang digunakan, orang yang menerima pesan, dan respon dari penyampaian pesan itu.

Sedikit pembeda adalah presentasi virtual memberikan jangkauan yang lebih luas. Penerima pesan bisa siapa saja yang terhubung di jejaring ruang maya itu. Orang yang tidak kita kenal sekalipun bahkan bisa memberi respon dari pesan yang kita sampaikan.

Serupa dengan presentasi tatap muka di kelas, presentasi virtual juga memberi dampak yang luar biasa. Bahkan efek yang ditimbulkan akan lebih luas jangkauannya. Maka, bijaksanalah dalam mempresentasikan sesuatu di ruang maya. Alih-alih bermaksud mengekspresikan diri, kita justru jatuh dalam kehancuran diri dan menghancurkan orang lain.

Agar presentasi virtual dapat menghadirkan manfaat, pengguna harus memastikan apa yang dipresentasikan ke publik ruang maya itu berdampak baik bagi diri presenter sendiri dan bermanfaat bagi orang lain sebagai audiensnya. Kedua sarat itu menjadi semacam panduan khusus yang harus diingat ketika hendak berselancar di dunia virtual.

Apa dua sarat itu sudah cukup? Rasanya belum. Keduanya belum lengkap tanpa memperhatikan tampilan kemasan pesan yang akan disampaikan. Memvisualkan pesan dalam bentuk desain yang menarik akan menambah daya tarik pada pesan presentasi virtual.

Contoh quotes berikut ini semakin menarik karena ditampilkan dalam bentuk desain yang visual:

Keep MovingHidup ini Indah

Nah, teman-teman bisa memposting quotes dan mendesainnya sehingga semakin menarik audiens untuk menyimak apa yang anda ingin presentasikan. Dan caranya mudah, cukup utak-atik di powerpoint. Kok bisa? Ya bisa dong. Mau tau caranya? Silahkan menghubungi saya di 081314177549

 

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra

Leave a Reply