Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Ads

Mainkan Musikmu, Hidupkan Presentasimu

Mainkan Musikmu, Hidupkan Presentasimu

Carmine Gallo, penulis buku The Presentation Secrets of Steve Jobs mengatakan bahwa presentasi yang sukses itu mudah dimengerti, diingat, dan emosional. Menggugah emosi menjadikan presentasi Anda lebih berwarna. Dan musik adalah salah satu cara menjadikan presentasi Anda lebih emosional. Anda bisa membawa audiens pada kondisi emosional tertentu yang diinginkan sesuai tujuan presentasi Anda. Misalnya, senang, sedih, haru, dan sebagainya.

Musik sangat mempengaruhi emosi manusia. Sebagai contoh, background musik sebuah film tentu menyesuaikan dengan adegan tertentu pula. Saat adegan sedih digunakan musik yang sendu, saat adegan kepahlawanan digunakan musik yang heroik, sedangkan pada saat adegan horor digunakan musik yang mencekam, dan sebagainya. Apabila musik yang digunakan tidak sesuai, tentu tidak akan menghasilkan emosi yang diharapkan.

Presentasi yang baik harus mampu menggugah emosi pendengar. Presenter tidak sekedar bertugas mentransfer infromasi kepada audiens. Melibatkan emosi audiens menjadikan presentasi Anda lebih hidup. Audiens akan menikmati pertunjukkan yang sedang Anda bawakan. Dan suasana yang penuh emosi itu akan tersimpan lama di hati audiens. Mereka akan mudah menerima pesan yang Anda sampaikan, bahkan mereka akan sulit melupakan Anda.

Ronald A. Berk dari John Hopkins University, melakukan sebuah riset mengenai manfaat musik yang digunakan sebagai pengiring presentasi. Riset yang dimuat dalam International Journal of Technology in Teaching and Learning tersebut menyebutkan bahwa musik yang digunakan dalam presentasi Powerpoint mampu mempertahankan perhatian audiens sekaligus dapat memasukkan informasi yang disampaikan kedalam memori jangka panjang mereka. Artinya, audiens akan menyimpan informasi lebih lama dalam ingatannya.

Pilih musik yang tepat untuk memperkuat presentasi Anda, puaskan audiens tidak hanya dari sisi logika, tapi juga rasa. Jika ini Anda lakukan, mereka tidak akan pernah melupakan Anda. Selamat mencoba.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Jika ingin belajar bersama kami dalam Workshop Visual Presentation, seilahkan menghubungi kami di 081314177549. Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra, atau di instagram @motivapicture

Ads

2 Comments

  1. Mantap…

Leave a Reply