Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Ads

Visualkan kata Dengan Gerakan

Visualkan kata Dengan Gerakan

Muhammad Noer seorang praktisi dan pakar di bidang presentasi, mengatakan bahwa, ‘Gesture yang mengiringi kata-kata, penekanan nada suara maupun slide, akan menambah kekuatan pesan (message) yang ingin disampaikan’.

Ketika Anda ingin mengatakan tiga hal penting pada saat prentasi maka Anda membantu memvisualkan ketiganya dengan menggerakkan jari Anda. Misalnya, ketika saya mengatrakan bahwa dalam presenasi terdapat tiga elemen penting, yaitu isi, visualisasi, dan delivery. Ketika menyebutkan satu-persatu maka gerakan jari tangan saya misalnya, isi diwakili dengan saya mengeluarkan jari jempol, point kedua denan jari telunjuk, dan yang ketiga dengan cari tengah.

Dengan menampilkan gerakan, seolah sedang menghitung, audiens akan terbantu untuk mengingat apa yang Anda katakan. Selain itu membantu mereka juga untuk mengikuti alur point-point yang Anda sebutkan.

Dari pada tangan hanya diam saat presentasi, akan lebih powerful jika dipergunakan untuk memvisualkan yang sedang kita katakan. Pernah suatu kali saat saya menjadi salah satu Fasilitator di acara kepramukaan, salah seorang peserta yang ketika itu diminta bicara di depan selalu memasukkan tangannya kedalam saku depan celananya, sesekali terlihat seperti sedang menggaruk-garuk sesuatu dalam sakunya. Terbayangkan jika audiens salah menafsirkan gerakan Anda tersebut?

Ada tiga hal yang penting untuk dilakukan untuk menciptkan gerakan yang mampu menambah kesan visual dari apa yang kita katakan, tiga hal itu adalah, pertama, bangun percaya diri Anda. Dan cara terbaik membangun percaya diri adalah menguasi materi presentasi Anda.

Kedua, kenali gerak tubuh yang baik dan buruk. Bahasa tubuh yang baik yang mencerminkan atau sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, jika Anda bahagia, tersenyumlah. Sebaliknya ketika bercerita kesedihan, menangislah. Tentu tidak usah terlalu berlebihan. Ketiga, latihan. Berlatihlah setiap gerakan tubuh yang mengeksprsikan pesan Anda, sehingga membiasakan gerak tubuh Anda agar tampil natural, bukan dibuat-buat.

Itulah tiga tips sederhana yang perlu diperhatikan saat memvisualkan apa yang Anda sampaikan melaui gerakan tubuh. Saat presentasi, jangan hanya diam, bergeraklah, itu akan membuat presentasi Anda semakin berkesan.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Jika ingin belajar bersama kami dalam Workshop Visual Presentation, seilahkan menghubungi kami di 081314177549. Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra, atau di instagram @motivapicture

Ads

Leave a Reply