Pages Navigation Menu

Mengabdi Untuk Kehidupan

Ads

Menyederhanakan Slide Presentasi

Menyederhanakan Slide Presentasi

Coco Chanel, seorang desainer dan pembuat parfum ternama dunia mengatakan bawa, ‘simplicity is the keynote of all true elegance’, kesederhanaan adalah kunci keanggunan yang sebenarnya. kiranya prinsip kesederhanaan, sebagaimana diungkapkan Chanel, dapat diterapkan dalam mendesain slide presentasi. Sehingga tampilan slide akan indah dan elegan.

Sayangnya, tidak sedikit presenter yang mengabaikan prinsip kesederhanaan dalam menyiapkan tampilan powerpoint yang digunakan untuk presentasi. Alhasil, presenter memasukkan banyak tulisan dalam slide presentasinya. Ada pula yang sekedar memasukkan gambar, kadang tanpa memikirkan relevansi dan resolusi gambar, ke dalam slide. Akibatnya, slide yang seharusnya memudahkan audiens memahami pesan yang ingin disampaikan, justru tampak penuh dan berantakan.

Pernah mendengar istilah ‘seperti kapal pecah’ untuk menggambarkan kondisi rumah yang tak tertata rapih? Slide yang tidak didesain dengan baik serupa dengan rumah yang berantakan. Isi pesan dalam slide yang tak tersusun dengan baik akan mengaburkan pesan yang ingin disampaikan. Alih-alih penggunaan slide dimaksudkan untuk memudahkan audiens, yang terjadi justru sebalinya, aduiens akan merasa bingung dan bosan.

Lalu bagaimana tips menyederhanakan slide presentasi? Tiga tips berikut semoga bisa membantu menyederhanakan slide presenasi Anda.

Ads




Pertama, memakai prinsip satu slide satu pesan. Jika saran pertama untuk mengembalikan keindahan rumah yang penuh sesak dengan membeli rumah baru, maka dalam slide yang penuh dengan isi kalimat yang panjang dapat dipecah menjadi slide yang baru atau lembar berikutnya. Satu slide satu pesan. Jangan khawatir slide Anda menjadi terlalu banyak, sebagaimana Nancy Duarte menyarankan,’ jangan hitung slide Anda, tapi pastikan setiap slide Anda diperhitungkan’.

Kedua, teknik reduksi. John Maeda, seroang Master of Simplicity mengatakan bawa cara mudah untuk mencapai kesederhanaan adalah dengan pengurangan yang bijaksana. Artinya, menghapus beberapa teks panjang yang bukan point penting  untuk dimasukkan dalam slide presentasi. Tampilkanlah kalimat ringkas atau sekedar kata kunci.

Ketiga, teknik organisasi. Mengorganisasi isi slide atau tampilan slide berarti menyusun tata letak elemen-elemen yang ada di dalam slide agar tersusun rapih dan sistematis. Misalnya dengan mengatur posisi teks pesan, apakah di kanan, kiri, tengah, atas atau bawah. Mengatur besar dan kecilnya huruf juga membantu menunjukkan mana pesan utama dan mana keterangan. Keteraturan menjadikan slide indah dilihat, sekaligus membuatnya tampil elegan.

Itulah tiga tips untuk mendapatkan hasil desain slide presentasi dengan desain yang sederhana. Ingat bahwa kesederhaan adalah kunci keanggunan yang sebenarnya, kata Coco Chanel.

Salam Powerful…!

Julmansyah Putra

Jika ingin belajar bersama kami dalam Workshop Visual Presentation, silahkan menghubungi kami di 081314177549. Ingin berbincang lebih lanjut, silahkan follow twitter saya di @julmansyah07
atau di facebook Julmansyah Putra, atau di instagram @motivapicture

Ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: